Kamis, 11 Oktober 2012

Pentingnya Koperasi Dilingkungan Masyarakat


Pentingnya Koperasi Dilingkungan Masyarakat

            Keberadaan koperasi sangatlah penting untuk masyarakat kalangan bawah dan kalangan menengah, yang di mana berguna untuk mengangkat perekonomian di negara kita ini. Koperasi ada dua kepemilikan yaitu koperasi pihak PEMERINTAH dan koperasi pihak SWASTA, kali ini saya akan meneliti koperasi yang di punyai atau di kelola oleh pemerintah bisa dibilang BUMD di daerah jakarta.
Koperasi tersebut berada di daerah Jakarta Selatan di kelurahan selong, yang bernama Koperasi Jasa Keuangan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan Selong atau di singkat menjadi KJK PEMK Selong. Koperasi tersebut didirikan pada bulan januari tahun 2011 dan mendapatkan modal awal dari UPBD.
Tujuan koperasi tersebut didirikan untuk membantu seluruh warga masyarakat, tidak hanya di kelurahan selong tetapi seluruh kelurahan yang ada di Provinsi DKI Jakarta dalam memperoleh modal usaha. Banyak masyarakat di jakarta selama ini kesulitan dalam mencari modal apalagi masyarakat kalangan bawah yang ingin membuka usaha tapi terkendala modal, rata-rata masyarakat kalangan bawah sulit mendapatkan modal dari pihak bank di karenakan banyaknya mereka yang kurang mengerti tentang sistem yang digunakan oleh bank.
Banyak masyarakat kalangan bawah terjebak dalam lilitan hutang bunga dari para rentenir yang berani memberikan modal besar kepada peminjam tetapi dengan bunga yang terlalu besar dan mengikat, oleh karena itu koperasilah yang sangat membantu dikalangan masyarakat bawah untuk modal usaha mereka yang dimana dirasakan oleh masarakat sangat memudahkan dan tidak membebani mereka.
Koperasi KJK PEMK Selong lebih fokus memberikan jasa simpan pinjam uang untuk setiap masyarakat yang membutuhkan. Koperasi tersebut mempunyai karyawan berjumlah 8 karyawan yang terdiri dari 3 pengurus, 1 pengawas, 4 pengelola, dan dikoperasi ini sudah mempunyai banyak anggota dan untuk sampai saat ini anggota koperasi tersebut berjumlah 144 anggota.
Ini membuktikan bahwa koperasi dalam simpan pinjam uang ini sangat diperlukan untuk masyarakat yang sangat membutuhkan modal dengan bunga yang menurut masyarakat ringan. Data-data yang dimiliki oleh koperasi ini pun sangat lengkap yaitu terdiri dari rincian mutasi, rekapitulasi rekening, trial balance, rincian aktiva, rincian pasiva, pendapatan rincian biaya, neraca, buku besar, laba-rugi, dan arus kas.
Koperasi KJK PEMK Selong ini mempunyai sistem akuntansi dengan nama SI-PEMK 2010, sistem tersebut sudah diterapkan mulai awal tahun 2012. Koperasi ini belum memfasilitasi keredit hanya baru jasa pinjam meminjam uang.
Semua koperasi pasti membutuhkan pendapatan dari kegiatan yang dikeluarkan dan di koperasi KJK PEMK Selong pendapatan selama ini berasal dari penyaluran dana kepada para anggota, disetiap pendapatan yang di hasilkanpun pasti ada beban-beban yang di keluarkan koperasi KJK PEMK Selong yaitu biaya pemasaran, biaya transportasi, biaya adm dan umum, dan terakhir biaya ATK (alat tulis kantor).
Demikian hasil analisis yang saya sampaikan dengan bahan analisis koperasi KJK PEMK Selong. Jadi bisa disimpulkan bahwa setiap koperasi sangatlah berperan penting untuk membantu masyarakat yang sedang membutuhkan dana dalam usaha mereka, sudah banyak koperasi di daerah jakarta yang beroperasi namun masih banyaknya pula masyarakat belum mengetahui keberadaan koperasi dilingkungan nya dan enggan untuk meminjam uang di setiap koperasi. Ini adalah hal penting terutama PEMERINTAH untuk mensosialisasikan keberadaan koperasi dilingkungan masyarakat.

Praseptio Mandarizal
15211554

1 komentar:

  1. Mohon maaf apabila ada tulisan yang salah atau per kataan yang kurang berkenan,saya mencoba menulis dengan sebaik mungkin.
    terimakasih

    BalasHapus